Keputusan Lembaga Bahtsul Masail Nahdlatul Ulama Kota Surabaya di Masjid At Taqwa Penjaringansari Rungkut Surabaya, 29 Juni 2008*
Pada malam paruh kedua dari bulan
Syaโban, banyak dari kalangan umat Islam yang berduyun-duyun ke masjid,
mushalla dan surau untuk melaksanakan kegiatan keagamaan yang rutin dijalani
setiap malam Nishfu Syaโban. Salah satu kegiatannya adalah melakukan salat
sunah sebanyak dua rakaat atau lebih.
Ada juga dari mereka yang membaca
surat Yaasin secara bersama-sama sebanyak 3 kali. Biasanya dari masing-masing
pembacaan surat Yasin tersebut diniatkan untuk memperoleh rezeki yang halal,
untuk umur panjang yang barokah, serta untuk mendapatkan husnul khatimah.
Adapula diantara masyarakat yang melengkapi kegiatan tersebut dengan
bersedekah.
Pertanyaan:
a. Adakah tuntunan secara umum dan khusus untuk melakukan
ibadah pada malam Nishfu Syaโban?
b. Apa sebenarnya keistimewaan malam Nishfu Syaโban
dibanding dengan malam-malam yang lain?
c. Apa dasar ulama dalam penetapan pembacaan surat Yasin
pada malam Nishfu Syaโban beserta macam-macam niatnya?
d. Apa hukum melakukan shalat sunnah pada malam Nishfu
Syaโban?
Jawaban 29 a:
Dalam syariโat Islam terdapat
tuntunan (dalil-dalil) untuk beribadah pada malam Nishfu Syaโban.
Dasar Pengambilan
Hukum:
ุนููู ู
ูุนูุงุฐู ุจู ุฌูุจููู
ุนูู ูุงููููุจูููู e ููุงูู: ููุทููููุนู ุงูููู ุนูุฒูู ููุฌูููู ุนูููู ุฎููููููู ููููููุฉู ุงููููุตููู
ู
ููู ุดูุนูุจูุงูู ููููุบูููุฑู ููุฌูู
ูููุนู ุฎููููููู ุฅููุงูู ููู
ูุดูุฑููู ุฃููู ู
ูุดูุงุญููู (ุฑูุงู ุงูุทุจุฑุงูู ูู ุงููุจูุฑ
ูุงูุฃูุณุท ููุงูู ุงูููุซู
ู ูุฑุฌุงููู
ุง ุซูุงุช. ูุฑูุงู
ุงูุฏุงุฑูุทูู ูุงุจูุง ู
ุงุฌู ูุญุจุงู ูู ุตุญูุญู ุนู ุงุจู ู
ูุณู ูุงุจู ุงุจู ุดูุจุฉ ูุนุจุฏ ุงูุฑุฒุงู ุนู
ูุซูุฑ ุจู ู
ุฑุฉ ูุงูุจุฒุงุฑ).
โRasulullah e bersabda, โSesungguhnya Allah memperhatikan
hambanya (dengan penuh
rahmat) pada malam Nishfu Syaโban, kemudian Ia akan mengampuni semua
makhluk-Nya kecuali orang musyrik dan musyachin (orang munafik yang menebar
kebencian antar sesama umat Islam)โ. (HR
Thabrani fi Al Kabir no 16639, Daruquthni fi Al Nuzul 68, Ibnu Majah no 1380,
Ibnu Hibban no 5757, Ibnu Abi Syaibah no 150, Al Baihaqi fi Syuโab al Iman no
6352, dan Al Bazzar fi Al Musnad 2389. Peneliti hadis Al Haitsami menilai
para perawi hadis ini sebagai orang-orang yang terpercaya. Majmaโ Al Zawaid 3/395)
ุนููู ุนูุฑูููุฉู ุนููู
ุนูุงุฆูุดูุฉู ููุงููุชู ููููุฏูุชู ุงููููุจูููู e ุฐูุงุชู ููููููุฉู ููุฎูุฑูุฌูุชู ุฃูุทูููุจููู ููุฅูุฐูุง ูููู
ุจูุงููุจููููุนู ุฑูุงููุนู ุฑูุฃูุณููู ุฅูููู ุงูุณููู
ูุงุกู ููููุงูู ููุง ุนูุงุฆูุดูุฉู ุฃูููููุชู
ุชูุฎูุงูููููู ุฃููู ููุญููููู ุงูููู ุนููููููู ููุฑูุณูููููู ููุงููุชู ููุฏู ููููุชู ููู
ูุง
ุจูู ุฐููููู ูููููููููู ุธูููููุชู ุฃูููููู ุฃูุชูููุชู ุจูุนูุถู ููุณูุงุฆููู ููููุงูู ุฅูููู
ุงูููู ุชูุนูุงููู ููููุฒููู ููููููุฉู ุงููููุตููู ู
ููู ุดูุนูุจูุงูู ุฅูููู ุงูุณููู
ูุงุกู
ุงูุฏููููููุง ููููุบูููุฑู ููุฃูููุซูุฑู ู
ููู ุนูุฏูุฏู ุดูุนูุฑู ุบูููู
ู ููููุจู
โAisyah berkata โPada suatu malam,
saya kehilangan Rasulullah. Setelah saya keluar mencarinya, ternyata beliau ada
di Baqiโ seraya menengadahkan kepalanya ke langit, beliau berkata โApakah kamu
takut Allah dan Rasulnya mengabaikanmu?โ. Aisyah berkata
โSaya tidak memiliki ketakutan itu, saya mengira engkau mengunjungi sebagian di
antara istri-istri engkauโ. Nabi berkata โSesungguhnya (rahmat) Allah turun ke
langit yang paling bawah pada malam Nishfu Syaโban dan Ia mengampuni dosa-dosa
yang melebihi dari jumlah bulu kambing milik suku Kalbโ. (HR Turmudzi no 670, dan Ibnu Majah no 1379)
ุชุญูุฉ
ุงูุฃุญูุฐู ุดุฑุญ ุณูู ุงูุชุฑู
ุฐู ุฌ 2 ุต 277
ููููุฐููู ุงููุฃูุญูุงุฏููุซู
ุจูู
ูุฌูู
ููุนูููุง ุญูุฌููุฉู ุนูููู ู
ููู ุฒูุนูู
ู ุฃูููููู ููู
ู ููุซูุจูุชู ููู ููุถูููููุฉู
ููููููุฉู ุงููููุตููู ู
ููู ุดูุนูุจูุงูู ุดูููุกู ููุงูููู ุชูุนูุงููู ุฃูุนูููู
ู .
โHadits-hadits di atas secara
keseluruhan merupakan sebuah hujjah yang membantah anggapan sebagian ulama yang
berpendapat bahwa tidak ada satupun dalil kuat yang menjelaskan tentang
keutamaan malam nishfu Syaโbanโ. (Tuchfah
al-Achwadzi Syarh Sunan al-Tirmidzi, II/277)
Jawaban 29 b:
Di antara keistimewaan malam
Nishfu Syaโban adalah sebagai berikut:
1. Menurut Imam Syafiโi, malam Nishfu Syaโban adalah salah
satu malam yang mustajabah.
2. Menurut โAtha bin Yasar, malam Nishfu Syaโban adalah
malam yang paling utama setelah Lailatul Qadar.
3. Menurut sahabat โIkrimah, yang dimaksud dengan ayat
ุฅููููุง ุฃูููุฒูููููุงูู
ููู ููููููุฉู ู
ูุจูุงุฑูููุฉู ุฅููููุง ูููููุง ู
ูููุฐูุฑูููู () ูููููุง ููููุฑููู ููููู
ุฃูู
ูุฑู ุญููููู
ู {ุงูุฏุฎุงู:3-4}
surat al Dukhan ayat 3-4, malam
tersebut adalah malam Nishfu Syaโban, akan tetapi pendapat ini ditentang oleh
jumhur ulama, dan yang dimaksud dengan ูููุฉ ู
ุจุงุฑูุฉ adalah Lailatul
Qadar.
4. Menurut ulama yang lain, malam Nishfu Syaโban adalah
malam laporan amal tahunan kepada Allah SWT.
Dasar Pengambilan
Hukum:
ููุถ
ุงููุฏูุฑ ุฌ 6 ุต 50
ููุงูู ุงูุดููุงููุนูู
ุจูููุบูููุง ุฃููู ุงูุฏููุนูุงุกู ููุณูุชูุฌูุงุจู ููู ุฎูู
ูุณู ููููุงูู ุฃููููู ููููููุฉู ู
ููู
ุฑูุฌูุจู ููููููููุฉู ููุตููู ุดูุนูุจูุงูู ููููููููุชููู ุงููุนูููุฏู ููููููููุฉู
ุงููุฌูู
ูุนูุฉู.
โImam Syafii berkata: Telah sampai
kepada kami bahwa doa dikabulkan dalam lima malam, yaitu awal malam bulan
Rajab, malam Nishfu Syaโban, dua malam hari raya dan malam Jumatโ. (Faidl al-Qadรญr, VI/50)
ูุฒูุฉ
ุงูู
ุฌุงูุณ ุฌ 1 ุต 158
ููุงูู ุนูุทูุงุกู ุจููู
ููุณูุงุฑู ู
ูุง ุจูุนูุฏู ููููููุฉู ุงููููุฏูุฑู ุฃูููุถููู ู
ููู ููููููุฉู ุงููููุตููู ู
ููู
ุดูุนูุจูุงูู ูููููู ู
ููู ุงููููููุงููู ุงูููุชูู ููุณูุชูุฌูุงุจู ููููููุง ุงูุฏููุนูุงุกู. ููุงูู
ุงููููููููู ุนูุทูุงุกู ุจููู ููุณูุงุฑู ู
ููู ุงูุชููุงุจูุนููููู .
โYasar bin Athoโ berkata : Tidak
ada malam yang lebih utama setelah Lailatul Qadar dibandingkan dengan Nishfu
Syaโban. Ia merupakan salah satu malam yang mustajabahโ. (Nuzhah al-Maj รก lis, I/158)
ุชูุณูุฑ
ุงููุฑุทุจู ุฌ 16 ุต 85
ููููุงูู ุนูููุฑูููู
ูุฉู
ูููู ููููููุฉู ุงููููุตููู ู
ููู ุดูุนูุจูุงูู ููุจูุฑูู
ู ููููููุง ุฃูู
ูุฑู ุงูุณููููุฉู ููููููุณูุฎู
ุงููุฃูุญูููุงุกู ู
ููู ุงููุฃูู
ูููุงุชู ููููููุชูุจู ุงููุญูุงุฌูู ูููุงู ููุฒูุงุฏู ููููููู
ู
ุฃูุญูุฏู ูููุงู ููููููุตู ู
ูููููู
ู ุฃูุญูุฏู ููุฑูููู ุนูุซูู
ูุงูู ุจููู ุงููู
ูุบูููุฑูุฉู
ููุงูู ููุงูู ุงููููุจููู e ุชูููุทูุนู ุงููุฃูุฌูุงูู ู
ููู ุดูุนูุจูุงูู ุฅููู ุดูุนูุจูุงูู ุญูุชููู
ุฃูููู ุงูุฑููุฌููู ููููููููุญู ููููููููุฏู ูููู ููููุฏู ุฎูุฑูุฌู ุงุณูู
ููู ููู
ุงููู
ูููุชูู. ููููุงูู ุงููููุงุถูู ุฃุจููู ุจูููุฑู ุจููู ุงููุนูุฑูุจู ููุฌูู
ูููููุฑู
ุงููุนูููู
ูุงุกู ุนูููู ุฃูููููุง ููููููุฉู ุงููููุฏูุฑู.
โIkrimah berpendapat bahwa yang
dimaksud Lailah Al Mubarakah itu adalah malam nishfu syaโban. Di malam itu
Allah menentukan semua urusan dalam peristiwa setahun, menghapus nama-nama
orang dari daftar calon orang meninggal dan mencatat nama-nama orang yang akan
melaksanakan haji tanpa ditambah atau dikurangi. Utsman bin Mughirah meriwayatkan
hadis, Rasulullah e bersabda, โAjal ditentukan dari satu Syaโban ke bulan
Syaโban berikutnya, hingga seseorang menikah, dikaruniai anak dan namanya
dikeluarkan dari orang-orang yang akan meninggalโ (HR Ibnu Abi Dunya dan Al
Dailami). Qadli Abu Bakar bin Al Araby berkata : Para Ulamaโ mengatakan bahwa
malam tersebut adalah Lailatul Qadarโ. (Tafsir
al-Qurtรบbi, XVI/85)
ุญุงุดูุฉ
ุงูุฌู
ู ุฌ 8 ุต 323
(ูููููููู: ุชูุนูุฑูุถู
ุงููุฃูุนูู
ูุงูู) ุฃููู ุชูุนูุฑูุถู ุนูููู ุงูููู ุชูุนูุงููู ููููุฐูุง ุชูุนูุฑูุถู ููู ููููููุฉู
ููุตููู ุดูุนูุจูุงูู ููููู ููููููุฉู ุงููููุฏูุฑูุ ููุงููุฃูููููู ุนูุฑูุถู ุฅุฌูู
ูุงููููู
ุจูุงุนูุชูุจูุงุฑู ุงููุฃูุณูุจูููุนูุ ููุงูุซููุงููู ุจูุงุนูุชูุจูุงุฑู ุงูุณููููุฉู
โAmal-amal tersebut diperlihatkan
kepada Allah, begitu pula pada malam Nishfu Syaโban dan Lailatul Qadar. Yang
pertama (Senin-Kamis) merupakan laporan amal mingguan. Yang kedua dan ketiga
(Nishfu Syaโban dan Lailatul Qadar) merupakan laporan amal tahunanโ. (Chรกsyiyah al-Jamal, VIII/323)
Jawaban 29 c:
Pembacaan surat Yasin pada malam
Nishfu Syaโban beserta macam-macam niatnya merupakan hasil ijtihad para ulama.
Dasar Pengambilan
Hukum:
ุฃุณูู
ุงูู
ุทุงูุจ ูู ุฃุญุงุฏูุซ ู
ุฎุชููุฉ ุงูู
ุฑุงุชุจ ุต 234
ููุฃูู
ููุง ููุฑูุงุกูุฉู
ุณูููุฑูุฉู ูุณ ููููููุชูููุง ุจูุนูุฏู ุงููู
ูุบูุฑูุจู ููุงูุฏูุนูุงุกู ุงููู
ูุดูููููุฑู ููู
ููู
ุชูุฑูุชูููุจู ุจูุนูุถู ุฃูููู ุงูุตูููุงูุญู ู
ููู ุนูููุฏู ููููุณููู ูููููู ูููู ุงููุจูููููู
ููููุง ุจูุฃูุณู ุจูู
ูุซููู ุฐููููู.
โAdapun pembacaan surat Yasin pada
malam Nishfu Syaโban setelah Maghrib merupakan hasil ijtihad sebagian
ulama, konon ia adalah Syeikh Al Buni, dan hal itu bukanlah suatu hal yang
burukโ. (Asnรก al-Mathรกlib, 234)
ูุชุญ
ุงูู
ูู ุงูู
ุฌูุฏ ููุดูุฎ ุฃุญู
ุฏ ุงูุฏูุฑุจู ุต 19
(ููู
ููู ุฎูููุงุตู
ุณูููุฑูุฉู ูุณ) ููู
ูุง ููุงูู ุจูุนูุถูููู
ู ุฃูู ุชูููุฑูุฃูููุง ููููููุฉู ุงููููุตููู ู
ููู
ุดูุนูุจูุงูู ุซููุงูุซู ู
ูุฑููุงุชู ุงูุฃูููููู ุจููููููุฉู ุทููููู ุงููุนูู
ูุฑู ููุงูุซููุงููููุฉู
ุจูููููุฉู ุฏูููุนู ุงููุจููุงูุกู ููุงูุซููุงููุซูุฉู ุจููููููุฉู ุงููุฅุณูุชูุบูููุงุกู ุนููู
ุงููููุงุณู.
โDiantara keistimewaan surat
Yasin, sebagaimana menurut sebagian para Ulama, adalah dibaca pada malam Nishfu
Syaโban sebanyak 3 kali. Yang pertama dengan niat meminta panjang umur, kedua
niat terhindar dari bencana dan ketiga niat agar tidak bergantung kepada orang
lainโ. (Fatchu al-Malik al-Majรญd,
19)
ุชูุฎูุต
ูุชุงูู ุงุจู ุฒูุงุฏ ุต 301
(ู
ูุณูุฆูููุฉู) ุญูุฏูููุซู
ูุณ ููู
ูุง ููุฑูุฆูุชู ูููู ูุงู ุฃูุตููู ูููู ููููู
ู ุฃูุฑู ู
ููู ุนูุจููุฑู ุจูุฃูููููู ู
ูููุถูููุนู
ููููุญูุชูู
ููู ุฃูููู ูุงู ุฃุตููู ูููู ููู ุงูุตููุญููุฉู ููุงูููุฐููู ุฃุนูุชูููุฏููู ุฌูููุงุฒู
ุฑูููุงููุชููู ุจูุตูููุบูุฉู ุงูุชููู
ูุฑูููุถู ููุญููู ุจูููุบูููุง ููู
ูุง ููููุนููููู ุฃุตูุญูุงุจู
ุงูุดููููุฎู ุงูุณูู
ูุนูููู ุงูููุฌูุจูุฑูุชู ุงูู.
โHadits yang berbunyi โSurat Yasin
dapat dibaca sesuai dengan niat tujuannyaโ merupakan hadis yang tidak ada
dasarnya, tetapi saya tidak menemui ulama yang mengatakannya sebagai hadis
palsu. Bisa jadi yang dimaksud adalah hadis tersebut tidak shohih. Saya
meyakini bahwa boleh meriwayatkan hadis tersebut dengan redaksi riwayat yang
tidak tegas, seperti telah sampai pada kami sebagaimana yang dilakukan oleh
murid-murid Syeikh Ismail Al Jabraty dari Yaman.โ (Talkhรญsh Fatรกwรก Ibnu Ziyรกd, 301)
Jawaban 29 d:
Hukum melakukan shalat sunnah
mutlak pada malam Nishfu Syaโban adalah mustahab (disunnahkan) karena
Rasulullah e pernah
melaksanakan shalat tersebut. Sementara jika shalat tersebut diniati nishfu
syaโban maka hukumnya haram, karena tidak ada tuntunan ibadah salat nishfu
syaโban. Bentuk salat sunah yang boleh dikerjakan pada malam Nishfu Syaโban
adalah salat sunah mutlak, salat Hajat, salat Tasbih, dan shalat apapun yang
telah dilakukan oleh Rasulullah e.
Catatan:
Kedudukan hukum mustahab adalah
satu tingkat di bawah hukum sunnah.
Dasar Pengambilan
Hukum:
ุฐูุฑูุงุช
ูู
ูุงุณุจุงุช ูุณูุฏ ู
ุญู
ุฏ ุจู ุนููู ุงูู
ููู ุต 155-156
ุนููู ุงููุนููุงูุกู ุจููู
ุงููุญูุงุฑูุซู ุงูููู ุนูุงุฆูุดูุฉู ููุงููุชู: ููุงู
ู ุฑูุณููููู ุงูููู e ู
ููู ุงูููููููู
ููุตููููู ููุฃูุทูุงูู ุงูุณููุฌููุฏู ุญูุชููู ุธูููููุชู ุฃูููููู ููุฏู ููุจูุถูุ ููููู
ููุง
ุฑูุฃูููุชู ุฐููููู ููู
ูุชู ุญูุชููู ุญูุฑููููุชู ุฅูุจูููุงู
ููู ููุชูุญูุฑูููู ููุฑูุฌูุนูุ
ููููู
ููุง ุฑูููุนู ุฑูุฃูุณููู ู
ููู ุงูุณููุฌููุฏู ููููุฑูุบู ู
ููู ุตููุงูุชููู ููุงูู: ููุง
ุนูุงุฆูุดูุฉู ุฃููู ููุง ุญูู
ูููุฑูุงุกู ุฃูุธูููููุชู ุฃูููู ุงููููุจูููู e ููุฏู ุฎูุงุณู ุจูููุ
ููููุชู: ูุงู ููุงูููู ููุง ุฑูุณููููู ุงูููู ูููููููููู ุธูููููุชู ุฃููู ููุจูุถูุชู ุทููููู
ุณูุฌูููุฏูููุ ููุงูู: ุฃูุชูุฏูุฑูู
ุฃูููู ููููููุฉู ููุฐูููุ ููููุชู: ุงูููู ููุฑูุณููููููู ุฃูุนูููู
ูุ ููุงูู: ููุฐููู
ููููููุฉู ุงููููุตููู ู
ููู ุดูุนูุจูุงูู ุฅูููู ุงูููู ุนูุฒูู ููุฌูููู ููุทููููุนู ุนูููู
ุนูุจูุงุฏููู ููู ููููููุฉู ุงููููุตููู ู
ููู ุดูุนูุจูุงูู ููููุบูููุฑู ููููู
ูุณูุชูุบูููุฑููููู
ููููุฑูุญูู
ู ุงููู
ูุณูุชูุฑูุญูู
ููููู ููููุคูุฎููุฑู ุฃููููู ุงููุญูููุฏู ููู
ูุง ููู
ูุ ุฑูููุงูู
ุงููุจูููููููููู. ููููุงูู ููุฐูุง ู
ูุฑูุณููู ุฌููููุฏู ููููุญูุชูู
ููู ุฃููู ูููููููู ุงููุนููุงูุกู ุฃูุฎูุฐููู ู
ููู ู
ูููุญููููู
โDari 'Ala' bin Charits bahwa
Aisyah berkata: โRasulullah bangun di tengan malam kemudian beliau salat,
kemudian sujud sangat lama, sampai saya menyangka bahwa beliau wafat. Setelah
itu saya bangun dan saya gerakkan kaki Nabi dan ternyata masih bergerak.
Kemudian Rasul bangkit dari sujudnya setelah selesai melakukan shalatnya, Nabi
berkata โWahai Aisyah, apakah kamu mengira Aku berkhianat padamu?โ, saya
berkata โDemi Allah, tidak, wahai Rasul, saya mengira engkau telah tiada karena
sujud terlalu lama.โ Rasul bersabda โTahukauh kamu malam apa sekang ini?โ Saya
menjawab โAllah dan Rasulnya yang tahuโ. Rasulullah bersabda โini adalah malam
Nishfu Syaโban, sesungguhnya Allah โAzza wa Jalla memperhatikan hamba-hamba-Nya
pada malam Nishfu Syaโban, Allah akan mengampuni orang-orang yang meminta
ampunan, mengasihi orang-orang yang meminta dikasihani, dan Allah tidak akan
memprioritaskan orang-orang yang pendendamโ. (HR Al Baihaqi fi Syuab Al Iman no 3675, menurutnya
hadits ini Mursal yang baik)
Catatan:
1. Letak ke-mursal-an hadits tersebut karena Al โAlaโ bin Al Charits
adalah seorang Tabiin yang tidak pernah berjumpa dengan Aisyah, prediksi Al
Baihaqi menyebutkan Al โAlaโ memperoleh hadits tersebut dari gurunya, Makchul.
Imam Achmad menilai Al โAlaโ sebagai orang yang sahih haditsnya. Abu Chatim
berkata: Tidak ada murid Makchul yang lebih terpercaya dari pada Al โAlaโ. Ibnu
Hajar menyebut Al โAlaโ sebagai orang yang jujur dan berilmu fikih, tetapi ia
dituduh pengikut Qadariyah. (Mausuโah Ruwat Al Hadits)
2. Para Imam Madzhab, seperti Imam Syafii dan Imam Ahmad
bin Hanbal mengkategorikan hadis Mursal sebagai hadis yang dapat diterima
(Hadis Maqbul) bila memenuhi beberapa persyaratan, diantaranya Sahabat atau
Tabiin yang digugurkan dari sanad merupakan seorang yang dikenal
kredibilitasnya, tidak bertentangan dengan hadis lain yang lebih shahih, dan
lain sebagainya, sebagaimana yang tercantum dalam kitab-kitab Ulumul Hadits.
ู
ุฌู
ูุน
ูุชุงูู ุงุจู ุชูู
ูุฉ ุฌ 2 ุต 469
ููุณูุฆููู ุนููู ุตููุงูุฉู
ููุตููู ุดูุนูุจูุงููุ (ุงููุฌูููุงุจู) ููุฃูุฌูุงุจู: ุฅุฐูุง ุตููููู ุงููุฅูููุณูุงูู ููููููุฉู
ุงููููุตููู ููุญูุฏููู ุฃููู ูููู ุฌูู
ูุงุนูุฉู ุฎูุงุตููุฉู ููู
ูุง ููุงูู ููููุนููู ุทูููุงุฆููู
ู
ููู ุงูุณูููููู ูููููู ุฃูุญูุณููู. ููุฃูู
ููุง ุงููุงูุฌูุชูู
ูุงุนู ููู ุงููู
ูุณูุงุฌูุฏู ุนูููู
ุตููุงูุฉู ู
ูููุฏููุฑูุฉู. ููุงููุงูุฌูุชูู
ูุงุนู ุนูููู ู
ูุงุฆูุฉู ุฑูููุนูุฉู ุจูููุฑูุงุกูุฉู
ุฃููููู: {ูููู ูููู ุงูููู ุฃูุญูุฏู} ุฏูุงุฆูู
ูุง. ููููุฐูุง ุจูุฏูุนูุฉู ููู
ู ููุณูุชูุญูุจููููุง
ุฃูุญูุฏู ู
ููู ุงููุฃูุฆูู
ููุฉู. ููุงูููู ุฃูุนูููู
ู.
โIbnu Taimiyah ditanyai soal
shalat pada malam nishfu Syaโban. Ia menjawab: Apabila seseorang shalat sunah
muthlak pada malam nishfu Syaโban sendirian atau berjamaah, sebagaimana
dilakukan oleh segolongan ulama salaf, maka hukumnya adalah baik. Adapun
kumpul-kumpul di masjid dengan shalat yang ditentukan, seperti salat seratus
rakaโat dengan membaca surat al Ikhlash sebanyak seribu kali, maka ini adalah
perbuata bidโah yang sama sekali tidak dianjurkan oleh para ulamaโ. (Majmรบ' Fatรกwรก Ibnu Taymiyyah, II/469)
ููุถ
ุงููุฏูุฑ ุฌ 2 ุต 302
(ุชูููุจููููู) ููุงูู
ุงูู
ูุฌูุฏู ุงุจููู ุชูููู
ููููุฉู ููููููุฉู ููุตููู ุดูุนูุจูุงูู ุฑููููู ููู ููุถูููููุง ู
ููู
ุงููุฃูุฎูุจูุงุฑู ููุงููุฃุซูุงุฑู ู
ูุง ููููุชูุถูู ุฃูููููุง ู
ูููุถููููุฉู ููู
ููู ุงูุณูููููู
ู
ููู ุฎูุตููููุง ุจูุงูุตูููุงูุฉู ููููููุง
โIbnu Taimiyah berkata : Dari
beberapa hadis dan pandapat para sahabat menunjukkan bahwa malam Nishfu Syaโban
memiliki keutamaan tersendiri. Sebagian ulama Salaf melaksanakan salat sunah
secara khusus di malam tersebutโ.(Faidl
al-Qadรญr, II/302)
ุงุนุงูุฉ
ุงูุทุงูุจูู ุฌ 1 ุต 271
ููุงูู ุงูุนููุงููู
ูุฉู
ุงููููุฑูุฏูู ููุงุฎูุชููููู ุงููุนูููู
ูุงุกู ููููููุง ููู
ูููููู
ู ู
ููู ููุงูู ููููุง ุทูุฑููู
ุฅุฐูุง ุงุฌูุชูู
ูุนูุชู ููุตููู ุงููุญูุฏูููุซู ุฅููู ุญูุฏูู ููุนูู
ููู ุจููู ููู ููุถูุงุฆููู
ุงููุฃูุนูู
ูุงูู ููู
ูููููู
ู ู
ููู ุญูููู
ู ุนูููู ุญูุฏูููุซูููุง ุจูุงููููุถูุนู ููู
ูููููู
ู
ุงููููููููู ููุชูุจูุนู ุงูุดููุงุฑูุญู ููู ููุชูุจููู.
โSyeikh Al Kurdy berkata : Para Ulama berbeda pendapat mengenai
hadis-hadis yang berhubungan dengan salat sunah malam Nishfu Syaโban, diantara
para ulama ada yang mengatakan bahwa hadis tersebut (meskipun Dloif) memiliki
banyak jalur riwayat, yang secara keseluruhan (akumulasi) hadis tersebut boleh
dilaksanakan dalam hal Fadlailul Aโmal (naik peringkat menjadi hadis hasan
lighairihi). Diantara ulama yang lain menghukuminya sebagai hadis palsu,
seperti Imam Nawawi dan Syekh Zainuddin Al Malibaryโ. (I'รกnah al-Thรกlibรญn, I/271)
0 komentar:
Posting Komentar