Jumat, 20 Mei 2016


Keputusan Lembaga Bahtsul Masail Nahdlatul Ulama Kota Surabaya di Masjid At Taqwa Penjaringansari Rungkut Surabaya, 29 Juni 2008*

Pada malam paruh kedua dari bulan Syaโ€™ban, banyak dari kalangan umat Islam yang berduyun-duyun ke masjid, mushalla dan surau untuk melaksanakan kegiatan keagamaan yang rutin dijalani setiap malam Nishfu Syaโ€™ban. Salah satu kegiatannya adalah melakukan salat sunah sebanyak dua rakaat atau lebih.
Ada juga dari mereka yang membaca surat Yaasin secara bersama-sama sebanyak 3 kali. Biasanya dari masing-masing pembacaan surat Yasin tersebut diniatkan untuk memperoleh rezeki yang halal, untuk umur panjang yang barokah, serta untuk mendapatkan husnul khatimah. Adapula diantara masyarakat yang melengkapi kegiatan tersebut dengan bersedekah.
Pertanyaan:
a.       Adakah tuntunan secara umum dan khusus untuk melakukan ibadah pada malam Nishfu Syaโ€™ban?
b.      Apa sebenarnya keistimewaan malam Nishfu Syaโ€™ban dibanding dengan malam-malam yang lain?
c.       Apa dasar ulama dalam penetapan pembacaan surat Yasin pada malam Nishfu Syaโ€™ban beserta macam-macam niatnya?
d.      Apa hukum melakukan shalat sunnah pada malam Nishfu Syaโ€™ban?

Jawaban 29 a:
Dalam syariโ€™at Islam terdapat tuntunan (dalil-dalil) untuk beribadah pada malam Nishfu Syaโ€™ban.
Dasar Pengambilan Hukum:
ุนูŽู†ู’ ู…ูุนูŽุงุฐู ุจู† ุฌูŽุจูŽู„ู ุนูŽู† ูุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู e ู‚ูŽุงู„ูŽ: ูŠูŽุทู‘ูŽู„ูุนู ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽุฒู‘ูŽ ูˆูŽุฌูŽู„ู‘ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฎูŽู„ู’ู‚ูู‡ู ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉูŽ ุงู„ู†ูู‘ุตู’ูู ู…ูู†ู’ ุดูŽุนู’ุจูŽุงู†ูŽ ููŽูŠูŽุบู’ููุฑู ู„ูุฌูŽู…ููŠู’ุนู ุฎูŽู„ู’ู‚ูู‡ู ุฅูู„ุงู‘ูŽ ู„ูู…ูุดู’ุฑููƒู ุฃูŽูˆู’ ู…ูุดูŽุงุญูู†ู (ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุทุจุฑุงู†ูŠ ููŠ ุงู„ูƒุจูŠุฑ ูˆุงู„ุฃูˆุณุท ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู‡ูŠุซู…ู‰ ูˆุฑุฌุงู„ู‡ู…ุง ุซู‚ุงุช. ูˆุฑูˆุงู‡ ุงู„ุฏุงุฑู‚ุทู†ู‰ ูˆุงุจู†ุง ู…ุงุฌู‡ ูˆุญุจุงู† ูู‰ ุตุญูŠุญู‡ ุนู† ุงุจู‰ ู…ูˆุณู‰ ูˆุงุจู† ุงุจู‰ ุดูŠุจุฉ ูˆุนุจุฏ ุงู„ุฑุฒุงู‚ ุนู† ูƒุซูŠุฑ ุจู† ู…ุฑุฉ ูˆุงู„ุจุฒุงุฑ).
 โ€œRasulullah e bersabda, โ€œSesungguhnya Allah memperhatikan hambanya (dengan penuh rahmat) pada malam Nishfu Syaโ€™ban, kemudian Ia akan mengampuni semua makhluk-Nya kecuali orang musyrik dan musyachin (orang munafik yang menebar kebencian antar sesama umat Islam)โ€. (HR Thabrani fi Al Kabir no 16639, Daruquthni fi Al Nuzul 68, Ibnu Majah no 1380, Ibnu Hibban no 5757, Ibnu Abi Syaibah no 150, Al Baihaqi fi Syuโ€™ab al Iman no 6352, dan Al Bazzar fi Al Musnad 2389. Peneliti hadis Al Haitsami menilai para perawi hadis ini sebagai orang-orang yang terpercaya. Majmaโ€™ Al Zawaid 3/395)
ุนูŽู†ู’ ุนูุฑู’ูˆูŽุฉูŽ ุนูŽู†ู’ ุนูŽุงุฆูุดูŽุฉูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽุชู’ ููŽู‚ูŽุฏู’ุชู ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ูŽ e ุฐูŽุงุชูŽ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ููŽุฎูŽุฑูŽุฌู’ุชู ุฃูŽุทู’ู„ูุจูู‡ู ููŽุฅูุฐูŽุง ู‡ููˆูŽ ุจูุงู„ู’ุจูŽู‚ููŠุนู ุฑูŽุงููุนูŒ ุฑูŽุฃู’ุณูŽู‡ู ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ุณู‘ูŽู…ูŽุงุกู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ูŠูŽุง ุนูŽุงุฆูุดูŽุฉู ุฃูŽูƒูู†ู’ุชู ุชูŽุฎูŽุงูููŠู’ู†ูŽ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุญููŠู’ููŽ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒู ูˆูŽุฑูŽุณููˆู„ูู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽุชู’ ู‚ูŽุฏู’ ู‚ูู„ู’ุชู ูˆูŽู…ูŽุง ุจููŠ ุฐูŽู„ููƒูŽ ูˆูŽู„ูŽูƒูู†ูู‘ูŠ ุธูŽู†ูŽู†ู’ุชู ุฃูŽู†ู‘ูŽูƒูŽ ุฃูŽุชูŽูŠู’ุชูŽ ุจูŽุนู’ุถูŽ ู†ูุณูŽุงุฆููƒูŽ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‡ูŽ ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ ูŠูŽู†ู’ุฒูู„ู ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉูŽ ุงู„ู†ูู‘ุตู’ูู ู…ูู†ู’ ุดูŽุนู’ุจูŽุงู†ูŽ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ุณู‘ูŽู…ูŽุงุกู ุงู„ุฏู‘ูู†ู’ูŠูŽุง ููŽูŠูŽุบู’ููุฑู ูู„ุฃูŽูƒู’ุซูŽุฑูŽ ู…ูู†ู’ ุนูŽุฏูŽุฏู ุดูŽุนูŽุฑู ุบูŽู†ูŽู…ู ูƒูŽู„ู’ุจู
โ€œAisyah berkata โ€œPada suatu malam, saya kehilangan Rasulullah. Setelah saya keluar mencarinya, ternyata beliau ada di Baqiโ€™ seraya menengadahkan kepalanya ke langit, beliau berkata โ€œApakah kamu takut Allah dan Rasulnya mengabaikanmu?โ€. Aisyah  berkata โ€œSaya tidak memiliki ketakutan itu, saya mengira engkau mengunjungi sebagian di antara istri-istri engkauโ€. Nabi berkata โ€œSesungguhnya (rahmat) Allah turun ke langit yang paling bawah pada malam Nishfu Syaโ€™ban dan Ia mengampuni dosa-dosa yang melebihi dari jumlah bulu kambing milik suku Kalbโ€. (HR Turmudzi no 670, dan Ibnu Majah no 1379)
ุชุญูุฉ ุงู„ุฃุญูˆุฐูŠ ุดุฑุญ ุณู†ู† ุงู„ุชุฑู…ุฐูŠ ุฌ 2 ุต 277
ููŽู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู’ู„ุฃูŽุญูŽุงุฏููŠุซู ุจูู…ูŽุฌู’ู…ููˆุนูู‡ูŽุง ุญูุฌู‘ูŽุฉูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูŽู†ู’ ุฒูŽุนูŽู…ูŽ ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุซู’ุจูุชู’ ูููŠ ููŽุถููŠู’ู„ูŽุฉู ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ุงู„ู†ูู‘ุตู’ูู ู…ูู†ู’ ุดูŽุนู’ุจูŽุงู†ูŽ ุดูŽูŠู’ุกูŒ ูˆูŽุงู„ู„ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ ุฃูŽุนู’ู„ูŽู…ู .
โ€œHadits-hadits di atas secara keseluruhan merupakan sebuah hujjah yang membantah anggapan sebagian ulama yang berpendapat bahwa tidak ada satupun dalil kuat yang menjelaskan tentang keutamaan malam nishfu Syaโ€™banโ€. (Tuchfah al-Achwadzi Syarh Sunan al-Tirmidzi, II/277)
Jawaban 29 b:
Di antara keistimewaan malam Nishfu Syaโ€™ban adalah sebagai berikut:
1.      Menurut Imam Syafiโ€™i, malam Nishfu Syaโ€™ban adalah salah satu malam yang mustajabah.
2.      Menurut โ€˜Atha bin Yasar, malam Nishfu Syaโ€™ban adalah malam yang paling utama setelah Lailatul Qadar.
3.      Menurut sahabat โ€˜Ikrimah, yang dimaksud dengan ayat
ุฅูู†ู‘ูŽุง ุฃูŽู†ู’ุฒูŽู„ู’ู†ูŽุงู‡ู ูููŠ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ู…ูุจูŽุงุฑูŽูƒูŽุฉู ุฅูู†ู‘ูŽุง ูƒูู†ู‘ูŽุง ู…ูู†ู’ุฐูุฑููŠู†ูŽ () ูููŠู‡ูŽุง ูŠููู’ุฑูŽู‚ู ูƒูู„ู‘ู ุฃูŽู…ู’ุฑู ุญูŽูƒููŠู…ู {ุงู„ุฏุฎุงู†:3-4}
surat al Dukhan ayat 3-4, malam tersebut adalah malam Nishfu Syaโ€™ban, akan tetapi pendapat ini ditentang oleh jumhur ulama, dan yang dimaksud dengan ู„ูŠู„ุฉ ู…ุจุงุฑูƒุฉ  adalah Lailatul Qadar.
4.      Menurut ulama yang lain, malam Nishfu Syaโ€™ban adalah malam laporan amal tahunan kepada Allah SWT.
Dasar Pengambilan Hukum:
ููŠุถ ุงู„ู‚ุฏูŠุฑ ุฌ 6 ุต 50
ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ุดู‘ูŽุงููุนูู‰ ุจูŽู„ูŽุบูŽู†ูŽุง ุฃู†ู‘ูŽ ุงู„ุฏู‘ูุนูŽุงุกูŽ ูŠูุณู’ุชูŽุฌูŽุงุจู ููู‰ ุฎูŽู…ู’ุณู ู„ูŽูŠูŽุงู„ู ุฃูˆู‘ูŽู„ู ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ู…ูู†ู’ ุฑูŽุฌูŽุจูŽ ูˆูŽู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ู†ูุตู’ูู ุดูŽุนู’ุจูŽุงู†ูŽ ูˆูŽู„ูŽูŠู’ู„ูŽุชูŽู‰ู ุงู’ู„ุนููŠู’ุฏู ูˆูŽู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ุงู„ู’ุฌูู…ู’ุนูŽุฉู.
โ€œImam Syafii berkata: Telah sampai kepada kami bahwa doa dikabulkan dalam lima malam, yaitu awal malam bulan Rajab, malam Nishfu Syaโ€™ban, dua malam hari raya dan malam Jumatโ€. (Faidl al-Qadรญr, VI/50)
ู†ุฒู‡ุฉ ุงู„ู…ุฌุงู„ุณ ุฌ 1 ุต 158
ู‚ูŽุงู„ูŽ ุนูŽุทูŽุงุกู ุจู’ู†ู ูŠูŽุณูŽุงุฑู ู…ูŽุง ุจูŽุนู’ุฏูŽ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ุงู„ู’ู‚ูŽุฏู’ุฑู ุฃูŽูู’ุถูŽู„ู ู…ูู†ู’ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ุงู„ู†ูู‘ุตู’ูู ู…ูู†ู’ ุดูŽุนู’ุจูŽุงู†ูŽ ูˆูŽู‡ูู‰ูŽ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽูŠูŽุงู„ูู‰ ุงู„ู‘ูŽุชูู‰ ูŠูุณู’ุชูŽุฌูŽุงุจู ูููŠู’ู‡ูŽุง ุงู„ุฏู‘ูุนูŽุงุกู. ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽูˆูŽูˆูู‰ ุนูŽุทูŽุงุกู ุจู’ู†ู ูŠูŽุณูŽุงุฑู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุชู‘ูŽุงุจูุนููŠู’ู†ูŽ .
โ€œYasar bin Athoโ€™ berkata : Tidak ada malam yang lebih utama setelah Lailatul Qadar dibandingkan dengan Nishfu Syaโ€™ban. Ia merupakan salah satu malam yang mustajabahโ€. (Nuzhah al-Maj รก lis, I/158)
ุชูุณูŠุฑ ุงู„ู‚ุฑุทุจู‰ ุฌ 16 ุต 85
ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุนููƒู’ุฑููŠู’ู…ูŽุฉู ู‡ูู‰ูŽ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ุงู„ู†ูู‘ุตู’ูู ู…ูู†ู’ ุดูŽุนู’ุจูŽุงู†ูŽ ูŠูุจู’ุฑูŽู…ู ูููŠู’ู‡ูŽุง ุฃูŽู…ู’ุฑู ุงู„ุณู‘ูŽู†ูŽุฉู ูˆูŽูŠูู†ู’ุณูŽุฎู ุงู’ู„ุฃูŽุญู’ูŠูŽุงุกู ู…ูู†ูŽ ุงู’ู„ุฃูŽู…ู’ูˆูŽุงุชู ูˆูŽูŠููƒู’ุชูŽุจู ุงู„ู’ุญูŽุงุฌู‘ู ููŽู„ุงูŽ ูŠูุฒูŽุงุฏู ูููŠู’ู‡ูู…ู’ ุฃูŽุญูŽุฏูŒ ูˆูŽู„ุงูŽ ูŠูู†ู’ู‚ูŽุตู ู…ูู†ู’ู‡ูู…ู’ ุฃูŽุญูŽุฏูŒ ูˆูŽุฑูŽูˆูŽู‰ ุนูุซู’ู…ูŽุงู†ู ุจู’ู†ู ุงู„ู’ู…ูุบููŠู’ุฑูŽุฉู ู‚ูŽุงู„ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจูู‰ูŽ e ุชูู‚ู’ุทูŽุนู ุงู’ู„ุฃูŽุฌูŽุงู„ู ู…ูู†ู’ ุดูŽุนู’ุจูŽุงู†ูŽ ุฅู„ูŽู‰ ุดูŽุนู’ุจูŽุงู†ูŽ ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ุฑู‘ูŽุฌูู„ูŽ ู„ูŽูŠูŽู†ู’ูƒูุญู ูˆูŽูŠููˆู’ู„ูŽุฏู ู„ูŽู‡ู ูˆูŽู‚ูŽุฏู’ ุฎูุฑูุฌูŽ ุงุณู’ู…ูู‡ู ููู‰ ุงู„ู’ู…ูŽูˆู’ุชูŽู‰. ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู’ู„ู‚ูŽุงุถูู‰ ุฃุจููˆู’ ุจูŽูƒู’ุฑู ุจู’ู†ู ุงู„ู’ุนูŽุฑูŽุจูŠ ูˆูŽุฌูู…ู’ู‡ููˆู’ุฑู ุงู„ู’ุนูู„ูŽู…ูŽุงุกู ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ุงู’ู„ู‚ูŽุฏู’ุฑู.
โ€œIkrimah berpendapat bahwa yang dimaksud Lailah Al Mubarakah itu adalah malam nishfu syaโ€™ban. Di malam itu Allah menentukan semua urusan dalam peristiwa setahun, menghapus nama-nama orang dari daftar calon orang meninggal dan mencatat nama-nama orang yang akan melaksanakan haji tanpa ditambah atau dikurangi. Utsman bin Mughirah meriwayatkan hadis, Rasulullah e bersabda, โ€œAjal ditentukan dari satu Syaโ€™ban ke bulan Syaโ€™ban berikutnya, hingga seseorang menikah, dikaruniai anak dan namanya dikeluarkan dari orang-orang yang akan meninggalโ€ (HR Ibnu Abi Dunya dan Al Dailami). Qadli Abu Bakar bin Al Araby berkata : Para Ulamaโ€™ mengatakan bahwa malam tersebut adalah Lailatul Qadarโ€. (Tafsir al-Qurtรบbi, XVI/85)
ุญุงุดูŠุฉ ุงู„ุฌู…ู„ ุฌ 8 ุต 323
(ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู: ุชูุนู’ุฑูŽุถู ุงู’ู„ุฃูŽุนู’ู…ูŽุงู„ู) ุฃูŽูŠู’ ุชูุนู’ุฑูŽุถู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ ูˆูŽูƒูŽุฐูŽุง ุชูุนู’ุฑูŽุถู ูููŠ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ู†ูุตู’ูู ุดูŽุนู’ุจูŽุงู†ูŽ ูˆูŽูููŠ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ุงู„ู’ู‚ูŽุฏู’ุฑูุŒ ููŽุงู’ู„ุฃูŽูˆู‘ูŽู„ู ุนูŽุฑู’ุถูŒ ุฅุฌู’ู…ูŽุงู„ููŠู‘ูŒ ุจูุงุนู’ุชูุจูŽุงุฑู ุงู’ู„ุฃูุณู’ุจููˆู’ุนูุŒ ูˆูŽุงู„ุซู‘ูŽุงู†ููŠ ุจูุงุนู’ุชูุจูŽุงุฑู ุงู„ุณู‘ูŽู†ูŽุฉู
โ€œAmal-amal tersebut diperlihatkan kepada Allah, begitu pula pada malam Nishfu Syaโ€™ban dan Lailatul Qadar. Yang pertama (Senin-Kamis) merupakan laporan amal mingguan. Yang kedua dan ketiga (Nishfu Syaโ€™ban dan Lailatul Qadar) merupakan laporan amal tahunanโ€. (Chรกsyiyah al-Jamal, VIII/323)
Jawaban 29 c:
Pembacaan surat Yasin pada malam Nishfu Syaโ€™ban beserta macam-macam niatnya merupakan hasil ijtihad para ulama.
Dasar Pengambilan Hukum:
ุฃุณู†ู‰ ุงู„ู…ุทุงู„ุจ ูู‰ ุฃุญุงุฏูŠุซ ู…ุฎุชู„ูุฉ ุงู„ู…ุฑุงุชุจ ุต 234
ูˆูŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ู‚ูุฑูŽุงุกูŽุฉู ุณููˆู’ุฑูŽุฉู ูŠุณ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุชูŽู‡ูŽุง ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุงู„ู’ู…ูŽุบู’ุฑูุจู ูˆูŽุงู„ุฏูุนูŽุงุกู ุงู„ู’ู…ูŽุดู’ู‡ููˆู’ุฑู ููŽู…ูู†ู’ ุชูŽุฑู’ุชููŠู’ุจู ุจูŽุนู’ุถู ุฃู‡ู’ู„ู ุงู„ุตู‘ูŽู„ุงูŽุญู ู…ูู†ู’ ุนูู†ู’ุฏู ู†ูŽูู’ุณูู‡ู ู‚ููŠู’ู„ูŽ ู‡ููˆูŽ ุงู„ู’ุจููˆู’ู†ูู‰ ูˆูŽู„ูŽุง ุจูŽุฃู’ุณูŽ ุจูู…ูุซู’ู„ู ุฐูŽู„ููƒูŽ.
โ€œAdapun pembacaan surat Yasin pada malam Nishfu Syaโ€™ban setelah Maghrib merupakan hasil ijtihad  sebagian ulama, konon ia adalah Syeikh Al Buni, dan hal itu bukanlah suatu hal yang burukโ€. (Asnรก al-Mathรกlib, 234)
ูุชุญ ุงู„ู…ู„ูƒ ุงู„ู…ุฌูŠุฏ ู„ู„ุดูŠุฎ ุฃุญู…ุฏ ุงู„ุฏูŠุฑุจู‰ ุต 19
(ูˆูŽู…ูู†ู’ ุฎูŽูˆูŽุงุตู ุณููˆู’ุฑูŽุฉู ูŠุณ) ูƒูŽู…ูŽุง ู‚ูŽุงู„ูŽ ุจูŽุนู’ุถูู‡ูู…ู’ ุฃู†ู’ ุชูŽู‚ู’ุฑูŽุฃูŽู‡ูŽุง ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉูŽ ุงู„ู†ู‘ูุตู’ูู ู…ูู†ู’ ุดูŽุนู’ุจูŽุงู†ูŽ ุซูŽู„ุงูŽุซูŽ ู…ูŽุฑู‘ูŽุงุชู ุงู„ุฃููˆู’ู„ูŽู‰ ุจูู†ููŠู‘ูŽุฉู ุทููˆู’ู„ู ุงู’ู„ุนูู…ู’ุฑู ูˆูŽุงู„ุซู‘ูŽุงู†ููŠูŽุฉู ุจูู†ูŠู‘ูŽุฉู ุฏูŽูู’ุนู ุงู„ู’ุจูŽู„ุงูŽุกู ูˆูŽุงู„ุซู‘ูŽุงู„ูุซูŽุฉู ุจูู†ููŠู‘ูŽุฉู ุงู’ู„ุฅุณู’ุชูุบู’ู†ูŽุงุกู ุนูŽู†ู ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู.
โ€œDiantara keistimewaan surat Yasin, sebagaimana menurut sebagian para Ulama, adalah dibaca pada malam Nishfu Syaโ€™ban sebanyak 3 kali. Yang pertama dengan niat meminta panjang umur, kedua niat terhindar dari bencana dan ketiga niat agar tidak bergantung kepada orang lainโ€. (Fatchu al-Malik al-Majรญd, 19)
ุชู„ุฎูŠุต ูุชุงูˆู‰ ุงุจู† ุฒูŠุงุฏ ุต 301
(ู…ูŽุณู’ุฆูŽู„ูŽุฉูŒ) ุญูŽุฏููŠู’ุซู ูŠุณ ู„ูู…ูŽุง ู‚ูุฑูุฆูŽุชู’ ู„ูŽู‡ู ู„ุงูŽ ุฃูŽุตู’ู„ูŽ ู„ูŽู‡ู ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ุฃูŽุฑูŽ ู…ูŽู†ู’ ุนูŽุจู‘ูŽุฑูŽ ุจูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู…ูŽูˆู’ุถููˆู’ุนูŒ ููŽูŠูŽุญู’ุชูŽู…ูู„ู ุฃู†ูŽู‡ู ู„ุงูŽ ุฃุตู’ู„ูŽ ู„ูŽู‡ู ููู‰ ุงู„ุตูู‘ุญู‘ูŽุฉู ูˆูŽุงู„ู‘ูŽุฐูู‰ู’ ุฃุนู’ุชูŽู‚ูุฏูู‡ู ุฌูŽูˆูŽุงุฒู ุฑููˆูŽุงูŠูŽุชูู‡ู ุจูุตููŠู’ุบูŽุฉู ุงู„ุชู‘ูŽู…ู’ุฑููŠู’ุถู ู†ูŽุญู’ูˆู ุจูŽู„ูŽุบูŽู†ูŽุง ูƒูŽู…ูŽุง ูŠูŽูู’ุนูŽู„ูู‡ู ุฃุตู’ุญูŽุงุจู ุงู„ุดู‘ูŽูŠู’ุฎู ุงูุณู’ู…ูŽุนูŠูู„ูŽ ุงู’ู„ูŽุฌู’ุจูŽุฑูุชู‰ ุงู‡ู€.
โ€œHadits yang berbunyi โ€œSurat Yasin dapat dibaca sesuai dengan niat tujuannyaโ€ merupakan hadis yang tidak ada dasarnya, tetapi saya tidak menemui ulama yang mengatakannya sebagai hadis palsu. Bisa jadi yang dimaksud adalah hadis tersebut tidak shohih. Saya meyakini bahwa boleh meriwayatkan hadis tersebut dengan redaksi riwayat yang tidak tegas, seperti telah sampai pada kami sebagaimana yang dilakukan oleh murid-murid Syeikh Ismail Al Jabraty dari Yaman.โ€ (Talkhรญsh Fatรกwรก Ibnu Ziyรกd, 301)
Jawaban 29 d:
Hukum melakukan shalat sunnah mutlak pada malam Nishfu Syaโ€™ban adalah mustahab (disunnahkan) karena Rasulullah e pernah melaksanakan shalat tersebut. Sementara jika shalat tersebut diniati nishfu syaโ€™ban maka hukumnya haram, karena tidak ada tuntunan ibadah salat nishfu syaโ€™ban. Bentuk salat sunah yang boleh dikerjakan pada malam Nishfu Syaโ€™ban adalah salat sunah mutlak, salat Hajat, salat Tasbih, dan shalat apapun yang telah dilakukan oleh Rasulullah e.
Catatan:
Kedudukan hukum mustahab adalah satu tingkat di bawah hukum sunnah.
Dasar Pengambilan Hukum:
ุฐูƒุฑูŠุงุช ูˆู…ู†ุงุณุจุงุช ู„ุณูŠุฏ ู…ุญู…ุฏ ุจู† ุนู„ูˆู‰ ุงู„ู…ู„ูƒู‰ ุต 155-156
ุนูŽู†ู ุงู„ู’ุนูŽู„ุงูŽุกู ุจู’ู†ู ุงู„ู’ุญูŽุงุฑูุซู ุงูŽู†ู‘ูŽ ุนูŽุงุฆูุดูŽุฉูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽุชู’: ู‚ูŽุงู…ูŽ ุฑูŽุณููˆู’ู„ู ุงู„ู„ู‡ู e ู…ูู†ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽูŠู’ู„ู ููŽุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ููŽุฃูŽุทูŽุงู„ูŽ ุงู„ุณู‘ูุฌููˆุฏูŽ ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ุธูŽู†ูŽู†ู’ุชู ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู‚ูŽุฏู’ ู‚ูุจูุถูŽุŒ ููŽู„ูŽู…ู‘ูŽุง ุฑูŽุฃูŽูŠู’ุชู ุฐูŽู„ููƒูŽ ู‚ูู…ู’ุชู ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ุญูŽุฑู‘ูŽูƒู’ุชู ุฅูุจู’ู‡ูŽุงู…ูŽู‡ู ููŽุชูŽุญูŽุฑู‘ูŽูƒูŽ ููŽุฑูŽุฌูŽุนูŽุŒ ููŽู„ูŽู…ู‘ูŽุง ุฑูŽููŽุนูŽ ุฑูŽุฃู’ุณูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ุงู„ุณู‘ูุฌููˆุฏู ูˆูŽููŽุฑูŽุบูŽ ู…ูู†ู’ ุตูŽู„ุงูŽุชูู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ: ูŠูŽุง ุนูŽุงุฆูุดูŽุฉู ุฃูŽูˆู’ ูŠูŽุง ุญูู…ูŽูŠู’ุฑูŽุงุกู ุฃูŽุธูŽู†ูŽู†ู’ุชู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ูŽ e ู‚ูŽุฏู’ ุฎูŽุงุณูŽ ุจููƒูุŸ ู‚ูู„ู’ุชู: ู„ุงูŽ ูˆูŽุงู„ู„ู‡ู ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู’ู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽู„ูŽูƒูู†ูู‘ูŠ ุธูŽู†ูŽู†ู’ุชู ุฃูŽู†ู’ ู‚ูุจูุถู’ุชูŽ ุทููˆู’ู„ูŽ ุณูุฌููˆู’ุฏููƒูŽุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุฃูŽุชูŽุฏู’ุฑููŠ ุฃูŽูŠู‘ูŽ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ู‡ูŽุฐูู‡ูุŸ ู‚ูู„ู’ุชู: ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุฑูŽุณููˆู’ู„ูู‡ู ุฃูŽุนู’ู„ูŽู…ูุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ู‡ูŽุฐูู‡ู ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ุงู„ู†ูู‘ุตู’ูู ู…ูู†ู’ ุดูŽุนู’ุจูŽุงู†ูŽ ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‡ูŽ ุนูŽุฒู‘ูŽ ูˆูŽุฌูŽู„ู‘ูŽ ูŠูŽุทู‘ูŽู„ูุนู ุนูŽู„ูŽู‰ ุนูุจูŽุงุฏูู‡ู ูููŠ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ุงู„ู†ูู‘ุตู’ูู ู…ูู†ู’ ุดูŽุนู’ุจูŽุงู†ูŽ ููŽูŠูŽุบู’ููุฑู ู„ูู„ู’ู…ูุณู’ุชูŽุบู’ููุฑููŠู’ู†ูŽ ูˆูŽูŠูŽุฑู’ุญูŽู…ู ุงู„ู’ู…ูุณู’ุชูŽุฑู’ุญูู…ููŠู’ู†ูŽ ูˆูŽูŠูุคูŽุฎูู‘ุฑู ุฃูŽู‡ู’ู„ูŽ ุงู„ู’ุญูู‚ู’ุฏู ูƒูŽู…ูŽุง ู‡ูู…ู’ุŒ ุฑูŽูˆูŽุงู‡ู ุงู„ู’ุจูŽูŠู’ู‡ูŽู‚ููŠู‘ู. ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ู‡ูŽุฐูŽุง ู…ูุฑู’ุณูŽู„ูŒ ุฌูŽูŠูู‘ุฏูŒ ูˆูŽูŠูุญู’ุชูŽู…ูŽู„ู ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽูƒููˆู’ู†ูŽ ุงู„ู’ุนูŽู„ุงูŽุกู ุฃูŽุฎูŽุฐูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ู…ูŽูƒู’ุญููˆู’ู„ู
โ€œDari 'Ala' bin Charits bahwa Aisyah berkata: โ€œRasulullah bangun di tengan malam kemudian beliau salat, kemudian sujud sangat lama, sampai saya menyangka bahwa beliau wafat. Setelah itu saya bangun dan saya gerakkan kaki Nabi dan ternyata masih bergerak. Kemudian Rasul bangkit dari sujudnya setelah selesai melakukan shalatnya, Nabi berkata โ€œWahai Aisyah, apakah kamu mengira Aku berkhianat padamu?โ€, saya berkata โ€œDemi Allah, tidak, wahai Rasul, saya mengira engkau telah tiada karena sujud terlalu lama.โ€ Rasul bersabda โ€œTahukauh kamu malam apa sekang ini?โ€ Saya menjawab โ€œAllah dan Rasulnya yang tahuโ€. Rasulullah bersabda โ€œini adalah malam Nishfu Syaโ€™ban, sesungguhnya Allah โ€˜Azza wa Jalla memperhatikan hamba-hamba-Nya pada malam Nishfu Syaโ€™ban, Allah akan mengampuni orang-orang yang meminta ampunan, mengasihi orang-orang yang meminta dikasihani, dan Allah tidak akan memprioritaskan orang-orang yang pendendamโ€. (HR Al Baihaqi fi Syuab Al Iman no 3675, menurutnya hadits ini Mursal yang baik)
Catatan:
1.      Letak ke-mursal-an hadits tersebut karena Al โ€˜Alaโ€™ bin Al Charits adalah seorang Tabiin yang tidak pernah berjumpa dengan Aisyah, prediksi Al Baihaqi menyebutkan Al โ€˜Alaโ€™ memperoleh hadits tersebut dari gurunya, Makchul. Imam Achmad menilai Al โ€˜Alaโ€™ sebagai orang yang sahih haditsnya. Abu Chatim berkata: Tidak ada murid Makchul yang lebih terpercaya dari pada Al โ€˜Alaโ€™. Ibnu Hajar menyebut Al โ€˜Alaโ€™ sebagai orang yang jujur dan berilmu fikih, tetapi ia dituduh pengikut Qadariyah. (Mausuโ€™ah Ruwat Al Hadits)
2.      Para Imam Madzhab, seperti Imam Syafii dan Imam Ahmad bin Hanbal mengkategorikan hadis Mursal sebagai hadis yang dapat diterima (Hadis Maqbul) bila memenuhi beberapa persyaratan, diantaranya Sahabat atau Tabiin yang digugurkan dari sanad merupakan seorang yang dikenal kredibilitasnya, tidak bertentangan dengan hadis lain yang lebih shahih, dan lain sebagainya, sebagaimana yang tercantum dalam kitab-kitab Ulumul Hadits.
ู…ุฌู…ูˆุน ูุชุงูˆู‰ ุงุจู† ุชูŠู…ูŠุฉ ุฌ 2 ุต 469
ูˆูŽุณูุฆูู„ูŽ ุนูŽู†ู’ ุตูŽู„ุงูŽุฉู ู†ูุตู’ูู ุดูŽุนู’ุจูŽุงู†ูŽุŸ (ุงู„ู’ุฌูŽูˆูŽุงุจู) ููŽุฃูŽุฌูŽุงุจูŽ: ุฅุฐูŽุง ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู’ู„ุฅูู†ู’ุณูŽุงู†ู ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉูŽ ุงู„ู†ูู‘ุตู’ูู ูˆูŽุญู’ุฏูŽู‡ู ุฃูŽูˆู’ ูููŠู’ ุฌูŽู…ูŽุงุนูŽุฉู ุฎูŽุงุตู‘ูŽุฉู ูƒูŽู…ูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูŽูู’ุนูŽู„ู ุทูŽูˆูŽุงุฆููู ู…ูู†ู’ ุงู„ุณู‘ูŽู„ูŽูู ููŽู‡ููˆูŽ ุฃูŽุญู’ุณูŽู†ู. ูˆูŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุงู’ู„ุงูุฌู’ุชูู…ูŽุงุนู ูููŠ ุงู„ู’ู…ูŽุณูŽุงุฌูุฏู ุนูŽู„ูŽู‰ ุตูŽู„ุงูŽุฉู ู…ูู‚ูŽุฏู‘ูŽุฑูŽุฉู. ูƒูŽุงู’ู„ุงูุฌู’ุชูู…ูŽุงุนู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุงุฆูŽุฉู ุฑูŽูƒู’ุนูŽุฉู ุจูู‚ูุฑูŽุงุกูŽุฉู ุฃูŽู„ู’ูู: {ู‚ูู„ู’ ู‡ููˆูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุฃูŽุญูŽุฏูŒ} ุฏูŽุงุฆูู…ู‹ุง. ููŽู‡ูŽุฐูŽุง ุจูุฏู’ุนูŽุฉูŒ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุณู’ุชูŽุญูุจู‘ูŽู‡ูŽุง ุฃูŽุญูŽุฏูŒ ู…ูู†ูŽ ุงู’ู„ุฃูŽุฆูู…ู‘ูŽุฉู. ูˆูŽุงู„ู„ู‡ู ุฃูŽุนู’ู„ูŽู…ู.
โ€œIbnu Taimiyah ditanyai soal shalat pada malam nishfu Syaโ€™ban. Ia menjawab: Apabila seseorang shalat sunah muthlak pada malam nishfu Syaโ€™ban sendirian atau berjamaah, sebagaimana dilakukan oleh segolongan ulama salaf, maka hukumnya adalah baik. Adapun kumpul-kumpul di masjid dengan shalat yang ditentukan, seperti salat seratus rakaโ€™at dengan membaca surat al Ikhlash sebanyak seribu kali, maka ini adalah perbuata bidโ€™ah yang sama sekali tidak dianjurkan oleh para ulamaโ€. (Majmรบ' Fatรกwรก Ibnu Taymiyyah, II/469)
ููŠุถ ุงู„ู‚ุฏูŠุฑ ุฌ 2 ุต 302
(ุชูŽู†ู’ุจููŠู’ู‡ูŒ) ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู…ูŽุฌู’ุฏู ุงุจู’ู†ู ุชูŽูŠู’ู…ููŠู‘ูŽุฉูŽ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ู†ูุตู’ูู ุดูŽุนู’ุจูŽุงู†ูŽ ุฑููˆูู‰ูŽ ููู‰ ููŽุถู’ู„ูู‡ูŽุง ู…ูู†ูŽ ุงู’ู„ุฃูŽุฎู’ุจูŽุงุฑู ูˆูŽุงู’ู„ุฃุซูŽุงุฑู ู…ูŽุง ูŠูŽู‚ู’ุชูŽุถูู‰ ุฃู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ู…ูููŽุถู‘ูŽู„ูŽุฉูŒ ูˆูŽู…ูู†ูŽ ุงู„ุณู‘ูŽู„ูŽูู ู…ูŽู†ู’ ุฎูŽุตู‘ูŽู‡ูŽุง ุจูุงู„ุตู‘ูŽู„ุงูŽุฉู ูููŠู’ู‡ูŽุง
โ€œIbnu Taimiyah berkata : Dari beberapa hadis dan pandapat para sahabat menunjukkan bahwa malam Nishfu Syaโ€™ban memiliki keutamaan tersendiri. Sebagian ulama Salaf melaksanakan salat sunah secara khusus di malam tersebutโ€.(Faidl al-Qadรญr, II/302)
ุงุนุงู†ุฉ ุงู„ุทุงู„ุจูŠู† ุฌ 1 ุต 271
ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ุนูŽู„ุงู‘ูŽู…ูŽุฉู ุงู„ู’ูƒูุฑู’ุฏูู‰ ูˆูŽุงุฎู’ุชูŽู„ูŽููŽ ุงู’ู„ุนูู„ูŽู…ูŽุงุกู ูููŠู’ู‡ูŽุง ููŽู…ูู†ู’ู‡ูู…ู’ ู…ูŽู†ู’ ู‚ูŽุงู„ูŽ ู„ูŽู‡ูŽุง ุทูุฑูู‚ูŒ ุฅุฐูŽุง ุงุฌู’ุชูู…ูุนูŽุชู’ ูˆูŽุตูŽู„ูŽ ุงู„ู’ุญูŽุฏููŠู’ุซู ุฅู„ูŽู‰ ุญูŽุฏูู‘ ูŠูุนู’ู…ูŽู„ู ุจูู‡ู ููู‰ ููŽุถูŽุงุฆูู„ู ุงู’ู„ุฃูŽุนู’ู…ูŽุงู„ู ูˆูŽู…ูู†ู’ู‡ูู…ู’ ู…ูŽู†ู’ ุญูŽูƒูŽู…ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุญูŽุฏููŠู’ุซูู‡ูŽุง ุจูุงู„ู’ูˆูŽุถู’ุนู ูˆูŽู…ูู†ู’ู‡ูู…ู ุงู„ู†ู‘ูŽูˆูŽูˆูู‰ ูˆูŽุชูŽุจูุนูŽ ุงู„ุดู‘ูŽุงุฑูุญู ููู‰ ูƒูุชูุจูู‡ู.
โ€œSyeikh Al Kurdy berkata : Para Ulama berbeda pendapat mengenai hadis-hadis yang berhubungan dengan salat sunah malam Nishfu Syaโ€™ban, diantara para ulama ada yang mengatakan bahwa hadis tersebut (meskipun Dloif) memiliki banyak jalur riwayat, yang secara keseluruhan (akumulasi) hadis tersebut boleh dilaksanakan dalam hal Fadlailul Aโ€™mal (naik peringkat menjadi hadis hasan lighairihi). Diantara ulama yang lain menghukuminya sebagai hadis palsu, seperti Imam Nawawi dan Syekh Zainuddin Al Malibaryโ€. (I'รกnah al-Thรกlibรญn, I/271)


 *dikutip dari http: //www.hujjahnu.com/2013/02/bahtsul-masail-amaliyah-malam-nisfu.html

Doa Nishfu Sya'ban:



0 komentar:

Posting Komentar