Kamis, 12 November 2015


PANITIA PELAKSANA
Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA)
PERGERAKAN MAHASISWA ISLAM INDONESIA
(Indonesian Moslem Student Movement)
RAYON BRANTAS DAN WALI SONGO TRIBAKTI KEDIRI
Kantor: Jl. KH. Wahid Hasyim No. 62 Gg IV A Bandar Lor Kediri.  Hp. 085776032756

 

A.     Dasar Pemikiran
Kemajuan teknologi  belakangan ini menimbulkan suatu keadaan dimana masyarakat dipaksa untuk menerimanya sebagai suatu hal yang baik, yang denganya  apapun  bisa dikerjakan dengan mudah dan segala apapun yang menjadi keinginannya akan terpenuhi. Kemajuan teknologi ini sebenarnya merupakan suatu model  yang merupakan suatu tuntutan yang harus tersedia diera  modern ini.
Era modern yang segera beranjak menuju  era postmodern dengan berbagai kemasanya telah membawa banyak perubahan di berbagai negara diseluruh dunia. Era modern telah melahirkan globalisasi dengan segala pernak-perniknya yang mana pada awalnya sengaja diciptakan dengan berharap banyak  perekonomian yang mendunia serta kesejahteraan dapat tercipta dengan mengintegrasikan ekonomi negara-negara kedalam suatu system ekonomi global.
Globalisasi merupakan lanjutan dari kapitalisme dengan segala bentuk style dan kemasan yang sedemikian rupa, sehingga banyak orang  yang secara tidak sadar  telah menyerahkan hidupnya pada perubahan  mode yang tidak jelas ini. Disadari ataupun tidak sebenarnya didalam globalisasi yang didengungkan sebagai jaman kemajuan ini mengandung unsur kolonialisme  dan developmentalisme  berkelanjutan dari masa-masa.
Realita telah menjawab sendiri  bila globalisasi membawa pengaruh luar biasa besar diberbagai negara dibelahan dunia. Perubahan yang terjadi begitu cepat terutama dibidang ekonomi dan politik yang berpengaruh pula pada tatanan masyarakat yang ada. Di negara-negara berkembang khususnya Indonesia, dampak negative yang dirasakan lebih besar dari pada dampak positifnya. Globalisasi telah menciptakan budaya konsumtif yang tinggi yang terjadi tidak hanya dikota-kota besa tetapi juga didaerah-daerah pinggiran.
Tidak hanya pada mereka yang memiliki perekonomian yang sudah tertata tetapi juga mereka yang memiliki kemampuan ekonomi lemah. Hal ini tentunya menjadi sasaran subur bagi negara-negara maju (produsen) untuk memasarkan barang-barangnya. Budaya konsumtif mengakibatkan kaum muda tidak lagi berfikir bagaimana caranya agar negara ini bisa mengimbangi negara-negara maju dengan berusaha untuk menciptakan produk baru yang bisa meraup pasar Internasional tetapi masih tinggal pada tataran kekaguman yang berlebih dengan menikmati produk-produk luar negeri.
Pemuda seakan belum siap untuk menghadapi berbagai macam tantangan jaman dengan mode lintas dimensinya. Generasi  muda terkesan untuk menunda memikirkan bagaimana menjadikan negara ini sebagai pemasok pasar dunia yang tidak hanya dijadikan sebagai pasar dan seringkali globalisasi dengan kemajuan bidang teknologinya ditanggapi sebagai sesuatu hal yang wajar yang merupakan bukan masalah sehingga tidak perlu penanganan.
Globalisasi  dengan kemajuan teknologinya telah menciptakan stimulus pemikiran masyarakat untuk memperpendek/mempercepat waktu demi tersedianya barang atau kebutuhan dihadapan mereka yang tanpa diimbangi dengan proses yang wajar. Kecenderungan secara instan inilah yang banyak menimbulkan berbagai macam bentuk kriminalitas tanpa pikir panjang masyarakat di Indonesia.
Bila kita bercermin kedalam ruang lingkup yang lebih kecil, kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) juga merupakan sebagaian  kecil dari mereka yang  mengalami fenomena tersebut di atas. Tidak dipungkiri bahwa kader PMII merupakan sebagian dari penerus tongkat estafet kehidupan Indonesia. Tetapi realita yang  menyelimuti kader saat ini jauh dari harapan. Totalias dan loyalitas mereka terhadap organisasi sebagai miniatur dari sebuah  kehidupan masih membutuhkan banyak perhatian.
Dalam tahap ini merupakan suatu proses awal untuk melakukan transformasi sebagai langkah dalam menghadapi realitas social yang sedang terjadi. Sebagai kader penerus bangsa, kader-kader PMII harus dapat diandalkan dan tentunya PMII sebagai wadah pengkaderan akan menyiapkan kadernya menjadi organ yang bisa melakukan pergerakan di berbagai macam dimensi sampai pada tataran praksis.
Akan tetapi kita seringkali mengalami suatu kebingungan harus memulai dari mana  agar  keinginanya untuk mewujudkan suatu  perubahan social yang lebih baik. Pada dasarnya jawaban dari kebingungan itu adalah terletak pada paradigma gerakan yang dipilih. Sebab, paradigma adalah wordl view, bagaimana seseorang memandang dunia kemudian menerjemahkannya dalam bentuk gerakan, dalam tataran praksis. Dan yang lebih penting lagi adalah, bahwa new contect (konteks baru) seringkali tidak mampu dijawab oleh old paradigm (paradigma lama). Seringkali new contect harus dijawab oleh new paradigm.
Dalam hal ini, Masa Penerimaan Anggota Baru(MAPABA) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia, adalah merupakan salah satu upaya mempersiapkan kader-kader militan melalui revitalisasi paradigma gerakan. Dengan itu semua, diharapkan akan tercipta kader pergerakan yang dapat diandalkan, yang dapat melakukan pergerakan pada berbagai lini dan segi kehidupan.

B.     Landasan Kegiatan
1.      Pancasila
2.      UUD 1945
3.      Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART).
4.      Hasil Musyawarah Pimpinan (MUSPIM) Pengurus Besar PMII.
5.      Program Kerja Bidang II (pengkaderan) PR Brantas dan Bidang I PR Wali Songo PMII Komisariat Tribakti Kediri.
6.      Hasil Rapat Tahunan  Anggota Rayon (RTAR) Ke XII PMII Komisariat Tribakti Kediri.
7.      Surat Keputusan (SK) Rayon Brantas : 05.BD-II.PR.PMII-X.V-04.03.02-019.A-0.08.2015. (SK) Rayon Wali Songo : 06.BD-I.PR.PMII-X.V-04.03.02-019.A-0.08.2015.

C.      Nama Kegiatan
Nama kegiatan ini adalah Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Brantas dan Walisongo Tribakti Kediri.

D.     Tema Kegitan
 “Menanamkan Nila-Nilai PMII Guna Membentuk Mahasiswa Kritis, Agamis, dan Nasionalis”
E.      Tujuan Kegiatan
1.      Secara umum kegiatan ini merupakan media pendidikan kader yang mengusahakan dan mendorong terciptanya kader yang ideal, militan, berkualitas serta mampu memberikan kontribusi dalam transformasi sosial.
2.      Memformulasikan dan mensosialisasikan pola gerak perjuangan PMII dalam perubahan sosial politik, ekonomi, dan budaya.
3.      Mereorientasikan posisi dan visi gerak PMII dalam mewujudkan demokrasi.
4.      Totalisasi pemahaman serta pengalaman komponen atau organ dalam PMII, baik secara organisatoris maupun nilai-nilai perjuangan dalam pergerakan.
F.      Pelaksanaan Kegiatan
            Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:
Hari                : Rabu - jum’at
Tanggal          : 30 September – 02 November 2015
Tempat           : Ds. Posharang Kec.Semen Kab. Kediri
Adapun Schedule sebagaimana terlampir.
G.     Pelaksana
            Kegiatan ini dilaksanaka oleh panitia MAPABA PMII  Rayon Brantas dan Rayon Walisongo Komisariat Tibakti Kediri, dengan susunan panitia sebagaimana terlampir.

H. Peserta
·  Mahasiswa Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri 30 Peserta.
·  Delegasi PMII Sunan Ampel STAIN Kediri
·  Delegasi PMII Gempur UNISKA Kediri
·  Delegasi PMII Loka jaya UNP Kediri
·  Delegasi PMII Se-Indonesia
I.       Sumber dana
1.        Kas PMII Rayon Brantas Tibakti Kediri.
2.        Kontribusi Peserta
Peserta Dari Tribakti           : @ Rp 35.000,00
Delegasi                                  : @ Rp 50.000,00
3.        Alumni dan Donatur baik Instansi Pemerintah maupun Swasta.
4.        Sumbangan lain yang halal dan tidak mengikat.

J.        ANGGARAN DANA
Perincian Anggaran Dana sebagaimana terlampir.


K.     PENUTUP
Demikian proposal ini kami susun sebagai dasar kegiatan MAPBA  yang dilaksanakan oleh PR.Brantas & Walisongo PMII Tribakti dan partisipasi dari semua pihak baik moril mapun materil amat sangat kami harapkan. Semoga dengan bantuan tersebut kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan sukses. Serta kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, teriring Do’a Jazakumullah Ahsanal Jaza.

Wallaahu Al  Muwaffieq Ilaa Aqwam Al Thorieq.
Wassalamualaikum  wr.mb
Kediri, Agustus 2015
Panitia Pelaksana
Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA)
Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII)
Rayon Brantas Dan Wali songo Tribakti Kediri




Syamsul Aripin
Ketua Panitia
Nur Khasani
                    Sekretaris
                                                                    Mengetahui,



M. Khafidul Fikri
Koord Bidang I Rayon Wali songo

Syamsul Aripin
Koord Bidang II Rayon Brantas





Fahmi Iskandar
Ketua Rayon Walisongo
Abdul Roup
Ketua Rayon Brantas






Ahmad Badi’, S.HI.,M.Pd.I
Pembina rayon wali songo
Zainal Aripin, M.Pd.I
Pembina Rayon Brantas
Lampiran II
Susunan Panitia
Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA)
Pergerakan Mahasiswa Islam Imdonesia (PMII)
Rayon Brantas dan Rayon Walisongo
Komsariat Tribakti Kediri
PEMBINA :  Ahmad badi’, S.HI.,M.Pd.I
Zainal Aripin, M.Pd.I
                                      
PENANGGUNG JAWAB        : Ketua Rayon Brantas & Walisongo PMII  Tribakti Kediri
                                                 Bidang II Rayon Brantas PMII Tribakti Kediri
                                                 Bidang I Rayon Walisongo PMII Tribakti        Kediri
STERING COMITTE (SC)
1.        M. Khafidul Fikri (Koord)
2.        Mukti Ali
3.        Syamsul Rizal
4.        Hasan
5.        Fajar Maulana
6.        Dede Ibrahim
7.        Fakhrudin Zengky
8.        Ahmad Nurul Fajriansyah
9.        Nurul Huda
10.     Fatma Iflaha Fajrin
11.    Siti Nurul Lailiyah
12.    Ima
13.    Basitul Rizal
ORGANIZING COMITTE (OC)
KETUA                                   :  Syamsul Aripin
SEKRETARIS                        :  Nur Khasani
BENDAHARA                        :  Yunia Dwi Latifah

DEVISI-DEVISI
LOGISTIK
*M. Imron Zarkasi
Dwi Hajar
Rahman
M. Salman
Dyah Anggita Putri
L.       
HUMASI
*Alfan Hidayat
M. Hilman Maulana
Eka Fitriani
M. Abdullah
Cecep Winarno
M.     
Kesekretariatan
*M. Ulil Albab
Fadlullah Afifi
M. Deden RR
Ahmadi
Siti Maswah
Perlengakapan
*Imam Husni
Aji Maulana
Maqdum Hidayat
M. Kafabihi
Arif Budiono
* Koordinator
Lampiran I
Time Schedule
Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA)
Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII)
Rayon Brantas & Walisongo Tribakti Kediri

Rabu, 30 September 2015
Waktu
Kegiatan
Keterangan
12.00-13.00
13.00-14.00
14.00-15.00
15.00-16.00
16.00-17.00
17.00-18.30
18.30-19.30
19.30-21.00
21.00-22.00
22.00-23.00
23.00-05.00
Cheking Peserta
Pemberangkatan
Istirahat
Pembukaan
Kontrak Forum
ISHOMA
Mahasiswa dan Tanggung jawab Sosial
ASWAJA
Pendalaman
Diskusi Panel
Istirahat
All
All
All
SC-Peserta
SC-Peserta
All
Eko Agung P, S.Sy
Huda,M.pd.I
SC-Peserta
SC-Peserta
All


Kamis, 01 November 2015
Waktu
Kegiatan
Keterangan
05.00-06.00
06.00-06.30
06.30-07.30
07.30-09.00
0900-10.00
10.00-11.00
11.00-12.30
12.30-13.00
13.00-14.30
14.30-15.30
15.30-16.30
16.30-19.00
19.00.-19.30
19.30-21.00
21.00-22.00
22.00-23.00
23.00-05.00
Jamaah Subuh + Giat Pribadi
Refresh Out Door
Makan Pagi
NDP (Nilai Dasar Pergerakan)
Pendalaman
Diskusi Panel
ISHOMA
Bina Suasana
KEORGANISASIAN
Pendalaman
Diskusi Panel
ISHOMA
Bina Suasana
SEJARAH VISI, MISI PMII
Pendalaman
Diskusi Panel
Istirahat
All
All
All
Ahmad Badi’i, S.HI., M.pd.I SC-Peserta
SC-Peserta
All
OC-Peserta
Ahmad Mutholib,S.Pd.I
SC-Peserta
SC-Peserta
All
OC-Peserta
Misbahul Munir,S.Pd.I
SC-Peserta
SC-Peserta
All
All



Jum’at, 02 November 2015
Waktu
Kegiatan
Keterangan
05.00-06.00
06.00-06.30
06.30-07.30
07.30-09.00
09.00-10.00
10.00-11.00
11.00-13.00
13.00-13.30
13.30-15.00
15.00-16.00
16.00-17.00
17.00-19.00
19.00-19.30
19.30-21.30
21.30-22.30
22.30-Selesai
Jamaah Subuh + Giat Pribadi
Refresh Out Door
Makan Pagi
STUDY GENDER
Pendalaman
Diskusi Panel
ISHOMA
Bina Suasana
KAPITALISME
Pendalaman
Diskusi Panel
ISHOMA
Bina Suasana
Stadium General
Penutupan
Pembai’atan
All
All
All
Khoirul mustamir,S.pdi
SC-Peserta
SC-Peserta
All
OC-Peserta
Mukhlison, M.HUM
SC-Peserta
SC-Peserta
All
OC-Peserta
SC-Peserta
All
Panitia



Lampiran III
Estimasi Anggaran Dana
Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA)
Pergerakan Mahasiswa islam Indonesia (PMII)
Rayon Brantas & Walisongo Tribakti Kediri
1.      Kesekretariatan
No
Belanja
Volume
Satuan
Jumlah
01
Kertas HVS
3 Rim
  35.000,-
Rp.       105.000,-
02
Amflop
1 Dus
  15.000,-
Rp.        15.000,-
03
Tinta Printer
2 Buah
  40.000,-
Rp.        80.000,-
04
Blok Note
60 Buah
   3.000,-
Rp.      180.000,-
05
Stiker
60 Buah
   2.000,-
Rp.      120.000,-
06
Stampel
1 Buah
  35.000,-
Rp.        35.000,-
07
Bak Stampel
1 Buah
   7.000,-
Rp.          7.000,-
08
Kwitansi
2 Buah
   3.000,-
Rp.          6.000,-
09
Map
60 Buah
   3.000,-
Rp.      180.000,-
10
Vandel
5 Buah
  25.000,-
Rp.      125.000,-
11
Sertifikat
60 Buah
   3.000,-
Rp.      180.000,-
12
Tas Peserta
60 Buah
   10.000,-
Rp.      600.000,-


Jumlah
Rp. 1.633.000,-
2.      Humasy
No
Belanja
Volume
Satuan
Jumlah
01
Transportasi Penyebaran Proposal


  Rp.  100.000,-
02
Transportasi Penyebaran Undangan


   Rp. 150.000,-
03
Honorium Nara Sumber


   Rp. 750.000,-

                                               Jumlah
Rp.    1.000.000,-
3.     Konsumsi
No
Belanja
Volume
Satuan
Jumlah
01
Snack Pembukaan
100 Kotak
           2.500,-
   Rp.        250.000,-
02
Makan Nara Sumber
7 Orang
           10.000,-
   Rp.          70.000,-
03
Makan Peserta
60 orang 7x
          5.000,-
    Rp.     2.100.000,-
04
Makan Panitia
40 Orang 7x
        5.000,-
   Rp.     1.400.000,-
05
Air Mineral
7 Dus
     15.000,-
    Rp.         105.000,-
06
Snack Penutupan
100 Kotak
  2.500,-
   Rp.        250.000,-

Jumlah
Rp.     4.175.000,-
4.     Dekorasi, Dokumentasi dan Akomodasi
No
Belanja
Volume
Satuan
Jumlah
01
Dekorasi


Rp.        200.000,-
02
Baterai
4 pak
10.000,-
RP.          40.000,-
03
Akomodasi


 Rp.        400.000,-

Jumlah
   Rp.       640.000,-
5.     SC
No
Belanja
Volume
Satuan
Jumlah
01
Spidol
10 Buah
6000,-
Rp.        60.000,-
02
Kertas Duplek
7 Lembar
5.000,-
RP.          35.000,-
03
Tinta Sepidol
3 Buah
15.000,-
 Rp.        45.000,-

Jumlah
   Rp.       140.000,-
6.     Rekapitulasi
No
Belanja
Volume
01
Kesekretariatan
Rp.    1.633.000,-
02
Humassy
Rp.    1.000.000,-
03
Konsumsi
Rp.    4.175.000,-
04
Dek Dok & Akomodasi
Rp.       640.000,-
05
SC
Rp.       140.000,-

Jumlah
Rp.    7.588.000,-

Terbilang: “
Tujuh Juta lima Ratus Delapan Puluh Delapan Ribu Rupiah”


LEMBAR PENGESAHAN
Tentang Proposal Kegiatan
Masa Penerimaaan Anggota Baru (MAPABA)
Rayon Brantas dan Rayon Walisongo
Komisariat Tribakti Kediri
Nama Kegiatan      : Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA)
Tema Kegiatan       : “Menanamkan Nilai-Nilai PMII Guna Membentuk Mahasiswa Kritis, Agamis, Nasionalis
Pelaksana               : Kegiatan ini dilaksanaka oleh panitia MAPABA PMII  Rayon Brantas dan Rayon Walisongo Komisariat Tibakti Kediri.
Peserta                   :
1.      Mahasiswa Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri 30 Peserta.
2.      Delegasi PMII Sunan Ampel STAIN Kediri
3.      Delegasi PMII Gempur UNISKA Kediri
4.      Delegasi PMII Loka jaya UNP Kediri
5.      Delegasi PMII Se-Indonesia
Waktu                    : Rabu-Jum’at, 30 September-02 November 2015
Tempat                   : Ds. Posarang Kec. Semen Kab. Kediri
Dana Kegiatan       : Rp. 7.588.000,-
                                 (Tujuh Juta Lima Ratus Delapan Puluh Delapan Ribu Rupiah)
Kediri, 01 Agustus 2015
Panitia Pelaksana,



Syamsul Aripin
Ketua Panitia
Nur Khasani
Sekretaris
Mengetahui,



Abdul Roup
Ketua Rayon Brantas
Fahmi Iskandar
Ketua Rayon Walisongo






Zainal Arifin, M.Pd.I
Pembina Rayon Brantas






Ahmad Badi’, S.HI.,M.Pd.I
Pembina rayon wali songo


0 komentar:

Posting Komentar